Fuel
Pump
1.
Sekilas mengenai fuel pump
ketika melakukan
starting, fuel pump digerakan oleh tenaga battery dan setelah itu kerjanya
dikontrol oleh ECM. Tipe fuel pump yang dipakai adalah tipe tube (tabung):
Pompa tipe in-tank dipasang di dalam fuel tank sedangkan untuk pompa tipe
in-line dipasang di luar fuel tank. Pompa tipe In-line umumnya diperuntukan dan
digunakan untuk yang lebih mementingkan anti-noise dan anti-vapor-lock. Pompa
ini terdiri dari satu DC motor, satu check valve, satu relief valve, dan
mempunyai arus relatif yang dikontrol oleh control relay, dsb. Berdasarkan
metode pemasangannya, pompa dibagi ke dalam "External fuel pump" atau
"In-tank fuel pump".
2. External Fuel Pump
External fuel pump
adalah pompa bahan bakar yang dipasang sejalur diluar fuel tank, pompa ini
menghisap bahan bakar melalui gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh putaran
rotor yang ada pada motor tipe ferrite, kemudian memberikan bahan bakar jalur
suplai bahan bakar. Fuel pump terdiri dari rotor plate yang digerakkan oleh
motor, pump casing yang letaknya menghadap rotor plate, dan roller yang menutup
seals pump spacer antara pump casing dan rotor plate, seperti tampak pada
gambar 1
Cara kerja fuel pump
mengandalkan gaya sentriffugal yang dibangkitkan oleh rotor yang akan mendorong
dinding bagian luar pump spacer agar bergerak di sepanjang dinding, dengan
tujuan menghasilkan ruang vacuum diantara inlet rollers dan pump spacer, untuk
kemudian ruang vacuum tersebut akan diiisikan dengan bahan bakar. Putaran
rollers akan menaikkan ruang dan menghantarkan bahan bakar ke outlet. Ruang
pada outlet kemudian berkurang untuk menaikkan tekanan agar bahan bakar bisa
keluarkan. Bahan bakar yang Keluar dari pompa kemudian akan melewati sekeliling
armatur motor untuk membuka check valve dan untuk kemudian lewat melalui
silencer untuk mencapai jalur bahan bakar. Penghisapan/Pengeluaran akan
diselesaikan dalam satu putaran rotor.
Fuel pump mempunyai
kecepatan kerja sekitar 1,700 ~ 2,500rpm, dengan rentang keluaran sekitar 1.5 ~
2.5 liter / menit dan dengan tekanan sebesar 3.0 ~ 6.0kg/cm2.
Fuel line atau jalur
bahan bakar mempunyai suplai tekanan sebesar 2.75 ~ 3.40kg/cm2 dan diatur oleh
fuel pressure regulator termasuk outlet silencer untuk mencegah agar pompa
tidak bergetar.
1)
Relief Valve (Pressure Limiter)
Apabila jalur bahan
bakar mampet pada saat pompa bekerja, relief valve akan mengatur keselamatan
sistem agar sistem jalur bahan bakar tidak rusak dan bocor katup relief ini akan membuka apabila tekanan
bahan bakarnya mencapai tingkat tertentu, agar rute tekanan tinggi diarahkan ke
inlet pompa kemudian mengalir melaui bagian dalam pompa dan motor, untuk
menghindari bertumpuknya tekanan.
2) Check
Valve (Non-Return Valve)
Pada saat mesin dimatikan
, check valve yang terletak di dalam fuel pump akan menutup oleh gaya pegas,
dan tetap mempertahankan tekanan di dalam jalur bahan bakar agar pada saat
mesin akan dihidupkan menjadi lebih mudah, dan untuk mencegah kemungkinan
terjadinya vapor lock oleh perubahan temperatur di dalam sistem bahan bakar .
3) Silencer
Silencer berguna untuk
menurunkan tingkat perubahan tekanan (getaran) dan noise yang dihasilkan dari
aliran fuel pump, dengan mengandalkan diaphragm dan orifice.
3.
In-tank Fuel Pump
Pada gambar 1-2
diterangkan configurasi utama pompa bahan bakar tipe in-tank. Kebanyakan pompa
bahan bakar tipenya adalah impeller. Pompa ini dipasang di dalam fuel tank,
oleh karena itulah unggul dibandingkan dengan external fuel pump sebagai
berikut:
- Bunyi suara yang
ditimbulkan sedikit dan tingkat getaran bahan bakarnya juga lebih sedikit -
Momennya kecil dan putannya tinggi sehingga bentuknya bisa dibuat kompak dan
ringan - Tingkat pencegahan kebocoran
dan vapor lock cukup baik.
Fuel pump jenis ini
terdiri dari DC motor dan turbine pump, yang menyatu dengan menggunakan motor
penggerak impeller dan ruang pompa yang terdiri dari pump casing, pump cover,
relief valve dan check valve. Gambar 1-2 adalah ilustrasi mekanisme kerja fuel
pump. Ketika gaya putar disalurkan ke impeller, maka akan dihasilkan gap
tekanan dari gesekan antara ulir sekeliling impeller dan fluid. Motor akan
terus bekerja, dan kemudian fuel fluid yang dihasilkan dari aliran spiral akan
lewat melaui motor untuk menaikkan tekanan. Kemudian tekanan yang naik tersebut
akan membuka check valve untuk menghantarkan bahan bakar ke outlet. Fuel pump
ini mempunyai kecepatan antara 1,700 ~ 2,500rpm, tekanan keluar sekitar. 3.0 ~
6.0kg/cm2. Rentang tekanan jalur bahan bakar antara 2.75 ~ 3.45kg/cm2.
1) Relief
Valve
Fuel pump dijalankan
oleh DC motor dengan kecepatan tetap, oleh karena itulah tekanannya untuk
mengeluarkan bahan bakar cenderung selalui konstan, tanpa dipengaruhi kecepatan
mesin. Tekanan yang dikeluarkan diset berdasarkan range putaran mesin tinggi,
dan akan naik tinggi ketika kecepatan mesin rendah dengan konsumsi oli yang
lebih sedikit. Tekanan yang tidak normal akan membuka relief valve agar tekanan
tetap lebih rendah dan mempertahankan tekanan di jalur bahan bakar agat tetap konstan.
2) Check
Valve
Begitu fuel pump
berhenti pegas yang ada pada check valve secara otomatis akan menutup lubang
outlet, untuk menjaga agar takanan bahan bakar di jalur selalu tetap, dan untuk
menghindari kemungkinan terjadi vapor lock di dalam jalur bahan bakar karena
tekanan tinggi ketika cuaca panas atau setelah mesin dimatikan, dan untuk
memastikan agar pada saat mesin distart nanti akan mudah. Sebagai tambahan
katup tersebut berfungsi untuk mencegah arus balik karena tekanan yang
berlebihan di dalam jalur bahan bakar ketika mesin di start.
1) Putar kunci kontak
ke posisi OFF.
2) Hubunkan power
battery secara langsung ke fuel pump drive connector (Lihat gambar pengetesan
fuel pump). Dengarkan suara yang keluar dari pump saat berputar. Dikarenakan pump ini letaknya di dalam fuel
tank, diperlukan berkonsentrasi penuh untuk mendengarkan suara kerja pump
tersebut. Kemudian buka fuel tank cap dan dengarkan suara yang keluar melalui
filler port.
3) Pasang pressure
gauge pada service valve atau permukaan fitting yang ada pada pressure gauge,
kemudian perhatikan kenaikan takanan bahan bakarnya. (Lihat gambar di bawah )
4) Gunakan alat ammeter
kemudian ukurlah berapa banyak bahan bakar yang keluar dari fuel pump.
5) Tahan selang bahan
bakar tangan kemudian periksa apakah ada tekanan bahan bakarnya.
Berapa harga pompa bahan bakar untuk hyundai bos?
BalasHapus